Temen dan Orang Korea

606b1c9669360e241bfb4b163e25a438
kira-kira gini mukanya

Memakai Bahasa sehari-hari dan jauh dari kata baku sesuai KBBI. Kali ini biarkan implusifnya bergerak secara liar sampe ambyar.

AU, Comedy, Friendship | General | Ficlet (800+ words+ footnote)

Kata batur urang mah, si Badri meuni mirip pisan jeung EXO Baekhyun. Lamun, urang mah teu ngartos da EXO teh saha jeung Baekhyun eta.

.

“Mput, arek ka mana maneh?”

Aku langsung nengok ke belakang pas tau ada yang manggil namaku. Jalanan dekat rumahku lagi sepi banget, soalnya orang-orang lagi pada kerja. Aku sih sekarang lagi liburan kuliah. Sujud syukur juga sih kalau kuliah juga masih di daerah kota Bogor.

Pas tau ada orang yang manggil aku, ternyata si Badri. Temen SMA yang sekarang lagi liburan juga dan kuliah di Depok. Ga paham juga sih  padahal si Badri udah kuliahnya deket Jakarta tapi masih aja logatnya sunda pisan.

“Arek meuli nasi goreng. Naha?” tanyaku.

“Ikut atuh, nasi goreng ngeunah lur jigana,” kata Badri sambil tersenyum senang. “Eta warung nasi gorengna jauh teu?”

“Engga,” jawabku asal sambil terus jalan. Lagi males ah ngomong sama Badri, soalnya kemarin dia main PSPnya curang sama aku.

“Eih, mput masih marah sama aing?”

Ya Gusti, si Badri mulai songong pake ‘aing’ segala. Kebiasaan bocah lalaki sih ngomongnya pake sunda kasar. Terus, mentang-mentang aku temennya jadi kalo diajak ngobrol pakenya sunda kasar juga. Eugh, kesel jadinya.

“Iya, kemaren curang ulin PSPna. Badri mah kitu budakna, ogah aing babaturan ku maneh. Geura balik siah ka Depok!” ucapku kesal dan ga mau kalah. Kalau dia pake sunda kasar ngomong sama aku, berarti aku juga mesti kaya dia!

“Idih, ngusir aing ka Depok. Di Depok teh teu aya awewe geulis. Kumaha atuh?”

“Panon maneh aja nu teu nyaho, aya loba oge.”

“Di soca Badri mah Mput nu paling geulis.”

Anjer, ngomong apa tadi nih orang? Salah minum obat kayanya dia kemaren. “Ih, naha maneh? Sinting nya?”

Badri malah terus jalan ga dengerin aku ngomong sampai dia berbalik dan bilang, “Eh, kata batur aing, aing mirip jiga artis korea.”

“Saha?”

Tampak si Badri lagi mikir. “Saha nya? Engke heula, kemaren batur aing teh ngomong naon nya….. e.. ekso nya?”

Aku dengerin dia ngomong bikin aku mikir juga. Kayanya ada temen aku yang demen koreaan deh. “EXO kitu maksudna?”

“He’eh tah! Maneh demen teu ku artis koreaan jiga EXO kitu? Aing mah teu nyaho da nu mana jelemana, cuman batur aing ngasih tau fotona nu mirip aing. Tah ieu,” jawab si Badri sambil ngeluarin hape dari kantong celana pendeknya.

Aku liatin aja layar yang menampilkan foto cowok bermata sipit dan punya bibir tipis. Mirip sih sama si Badri, bedanya si artis ini kulitnya putih. Kalau si Badri kulitnya item kebanyakan main layangan waktu SMP katanya mah.

“Ieu namina saha?” tanyaku.

“Ih, susah nyebutna, Mput. Bekyun nya? Maneh nyaho teu?”

Dan denger dia jawab bikin aku mikir lagi sebentar. “Baekhyun?”

“Heuh, tah! Kok Mput tau banyak sih tentang artis korea? Demen kitu nya?” tanya Badri penasaran.  Terus, muka dia berubah jadi kaya ngeledek yang bikin aku kesel. “Mput demen teu ka si Baekhyun eta? Mirip Badri pisan pan.”

“Kaga! Si Baekhyun aja ga aing suka, apalagi maneh!” ungkapku terang-terangan.

Dan ga sadar, ternyata kita udah nyampe di warung nasi goreng. Kubiarin si Badri mesen nasi goreng duluan dan ngecek hape. Terus, aku buka chat sama temenku yang demen koreaan. Namanya Refa. Kira-kira, gini nih isi chatnya.

Aku : ‘Ref, kamu tau EXO kan?’

Refa : ‘taulah gue. Kenapa emang?’

Aku : ‘berarti tau si Baekhyun itu dong?’

Refa : ‘tau dong! Kenapa sama Baekhyun? Lo demen?’

Yailah, kaga Badri kaga Refa. Sama aja ngira aku demen si Baekhyun.

Aku : send a photo. ‘dia mirip sama si Baekhyun itu ga?’

Refa : ‘ih, gila! Mirip banget mput! Lo dapet kw-nya si Baekhyun dari mana? Bedanya dia item doang mput. Hehehe’

Aku : ‘ieu mah si Badri, Ref! kamu suka sama dia?’

Refa : ‘kenalin dong. Kapan lagi dapet kw-nya orang korea kaya Baekhyun. Wkwk’

Refa : ‘tapi sumpah, mput. Dia mirip banget sama Baekhyun. Cuman item doang. Suer dah.’

Aku langsung masukin hapeku ke kantong baju dan biarin chat terakhir dari Refa. Terus, aku liatin Badri yang sekarang lagi minum es teh sambil nonton bola di tivi warung.

Emang mirip sih kata Refa juga.

Dan mendadak, si Badri langsung noleh ke arah aku. Terus, natep aku aneh gitu.

“Maneh naha? Jangan liatin aing terus atuh, entar naksir ka aing. Nyaho aing mah kasep, Mput.”

Najis ieu budak ah. Meuni pede pisan.

-tamat.

[*]

Aing : gue (sunda kasar paling parah)

Maneh : elu (sunda kasar parah)

Siah : elu (sunda kasar paling parah)

Urang : gue (sunda loma)

Arek meuli nasi goreng. Naha? : Mau beli nasi goreng. Kenapa?

nasi goreng ngeunah lur jigana : nasi goreng enak kayanya

Badri mah kitu budakna, ogah aing babaturan ku maneh. Geura balik siah ka Depok! : Badri sih gitu orangnya, ga mau gue temenan sama lu. Cepet pulang lu ke Depok!

Aing mah teu nyaho da nu mana jelemana, cuman batur aing ngasih tau fotona nu mirip aing. : gue sih gatau deh yang mana orangnya, cuman temen gue ngasih tau fotonya yang mirip gue.

Saha nya? Engke heula, kemaren batur aing teh ngomong naon nya : Siapa ya? Tunggu bentar, kemarin temen gue tuh ngomong apa ya

Ieu namina saha? : Ini namanya siapa?

Nyaho aing mah kasep : Tau aku ganteng

[*]

Ini random banget deh apaan wakakakak XD memakai setting kota Bogor yang jelas aja make sunda kasar banget. Ditambah dengan orang-orang perantauannya rata-rata dari Sukabumi. Tau banyak soalnya temen kuliah rata-rata orang sunda semua. Kyaaa XD Maafkan bila ada orang sunda yang baca ini ngerasa bahasanya kurang srek, soalnya aku keturunan darah orang jawa Solo asli sih.

Ini juga karena selama stress bacaannya, ask fm teh disi asli Bogor banget dan sunda banget. Doi suka nge-share ask fm isinya ff AU anak ekso pake basa sunda. Wakakakakak XD

Tolong koreksi bila agak gimana gitu, terutama si Berly kalo baca ini selaku hits pesat cibinong waktu SMA kyaaa. >_<

Sekian dan terima kasih.

-Airly.

p.s. Special DaeRi’s Dailynya belom digarap buat next chapter. Doakan biar secepatnya digarap kyaaa >_<

Iklan

4 thoughts on “Temen dan Orang Korea

  1. wahhh, agak kehibur nih. jarang2 ada fic yang pake sunda*kebetulan aku orang sunda 😀
    cuma ya yg kurang ada di bahasanya, tapi okelah soalnya kamu Bukan orang sunda.
    aku mau koreksi boleh?
    pas bagian “maneh naha?” itu mksudnya “kamu kenapa?” kan mungkin kata “naha” nya bisa diganti jadi “kunaon”. tapi aku salut banget buat kamu sama fic ini.
    keep writing ya 🙂

    1. Waaaahh terima kasih ya buat koreksi sebagai pembelajaran dan reviewnya. Padahal aku udah tinggal di bogor dari lahir tapi emang jiwanya orang jawa. Malu jadinya hehehe >///<
      Sekali lagi makasih ya udah baca dan ninggalin review di sini hehehehehehe 😀

  2. SEBENTARRR……. OWE MAU NGAKAK DULU XD BHAHAHAHAHAK….
    kok ucul banget sih ngebayangin ekspresi si Badri yang kaya muka Baekhyun di poster nyiahahahahah XD ngakak aing… /gegulingan/
    #MbaAiHitzBogorPisan #MbaAiHitzSundaPisan LOL.
    Anjay… owe mau komen apaan lagi bingung wakakakak, mau ngakak aja Airly! /Kemudian salto/

    1. Apa berly apa apa apaaaaa kyaaaa
      Ucul ya bayangin si Badri, gue aja selama nulis ini ngakak gatau kenapa. Bayangin aja mukanya si Baekhyun ngomong sunda bogor wakakakkakaka XD
      Btw hesteknya oemjih hitz bat mbaber kyaaaa
      Silahkan ngakak sebelum ngakak dilarang mbaber wkwkwkwk XD

Mind to Review? ^ ^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s