Twenty Things About AirlyAeri

tumblr_mcvie5ubbr1rejfw7o1_500
mz dae ganteng punya Airly /plak/

Hai, kawan-kawan tercinta yang baik dan budiman.

Kali ini aku datang bukan membawa fanfiction, tetapi untuk memenuhi sebuah challenge karena sekarang satu-satunya waktu paling luang yang aku punya /plak/.

Sebelumnya, aku mau bilang terima kasih untuk Kak Liana yang udah ngetag aku di tengah kesibukan yang begitu penat (halah, banyak alasan si Airly). Dan ternyata, challenge yang luar biasa ini disponsori oleh Kak Putri atau La Princesa. Duh, blogger kacangan ini kena tag orang pinter fanfiction semua. Kya kyaaa /abaikan Ai/.

So, here we go!

  1. Your real name?
  • Airly Agung Tri Utami.
  1. Your current pen-name? When do you start using your current pen-name?
  • AirlyAeri yang dipakai sejak SMA. Karena dulu waktu SMP, nama penanya Aeri_Tamie dan menurutku itu kurang kreatif dan alay banget. Lalu, sejak SMA langsung berubah nama jadi AirlyAeri. Wakakaka.
  1. Story behind your pen-name?
  • Nama AirlyAeri sejatinya cuman penggabungan dua nama, yaitu Airly dan Aeri yang memiliki pelafalan yang sama jika diucapkan. Bukan karena ada selipan fandom (baca: EXO).
  1. Where to find you?
  • Di jurnal kesayangan, AirlyAeri’s Journal. Tapi, bisa juga ditemukan di NCT FanFiction Indonesia, Hong Jisoo FanFiction Indonesia, dan Indo Fanfict (blog status: aktif). Dan, bisa juga kok ditemukan di School of FanFiction (blog status: nonaktif).
  • Di Bogor, baik di kawasan kota (kampus) maupun kabupaten (rumah). Soalnya rutinitas keseharianku berkutat di sana. Bahaha.
  • Di akun-akun pribadi bisa ditemukan dengan id: airlyaeri297 (Twitter, Instagram, Line). Sebenarnya, ada wattpad, blogger, pinterest, dan ask.fm juga. Tapi, tak terurus semua.
  1. Why do you write?
  • Nah, aku juga bertanya-tanya sebenarnya kenapa bisa terjun ke dunia menulis ini. Soalnya waktu dulu SD ibuku meragukanku kalau ada sesi mengarang, dan bahkan pernah ngetawain waktu baca hasil ujian esai mengarang kelas tigaku lantaran antara korelasi karangan dan topiknya beda jauh.
  • Mungkin, karena sejak kelas satu SMP aku mendadak ketularan nulis cerita dan jadi sering nyari buku ga pake demi nulis. Lalu terjun ke dunia fana tak berujung (baca: kipop), sehingga menulislah aku sampai saat ini sebagai bentuk pengisi waktu luang paling berharga (walaupun kadang ngerjainnya disela tugas).
  1. Where do you usually get inspiration for your writing?
  • Orang ganteng dari Korea (udah pada taulah yha, makanya aku ada di sini /plak/)
  • Novel atau buku nonfiksi yang pernah aku baca dan rata-rata AU semua. Jadi, ya rata-rata tulisanku ya gita-gitu aja.
  • Lagu-lagu dan adegan drama. Nah, ini kadang yang suka dijadikan pemanis. Wakakakakak.
  1. Genre you usually write?
  • Fluff Romance. Ini yang paling pasti sering kutulis (padahal selama hidup belum pernah pacaran)(cuman sekarang lagi deket sama banyak cowok bikos jurusan kuliahku isinya cowok semua) wakakakak. Belakangan lagi garap Marriage Life /lirik DaeRi dan YiHwa/ yang gatau kapan kelarnya. Tapi, ada temen bilang aku suka bikin genre Drama, padahal aku gatau di mana letak dramanya /plak/.
  • Sekarang lagi berkutat dengan Family dan Comedy sejak masuk NCTFFI.
  1. Genre you usually read?
  • Dulu suka bacanya Romance dan Fluff. Tapi, sekarang lagi jarang baca fanfiction dan kalau ada waktu luang, pasti bacanya dengan genre itu-itu juga karena isi timeline wordpress begituan semua. Bahahaha.
  1. Current interest in writing?
  • Berusaha mau fokus buat lanjutin chapter-fict Xiumin : Something in Brisbane, yang udah kuanggurin selama setahun lebih karena terlalu malas. Padahal kalau ga malas, mungkin aku udah selesai nulisnya.
  • Belakangan (atau dari dulu?) aku tertarik dengan dunia sejarah, dan saat ini aku sedang berusaha tenggelam dengan dunia Kekaisaran Romawi.
  • DaeRi’s Daily yang kujadikan series, karena fict EXO Chen terlalu sedikit—bahkan sampai menjelang punah dan aku sebagai penggemar Chen sekaligus penikmat bacaan fanfiction tidak ingin itu terjadi. Selain itu, YiHwa’s Cut juga dijadikan series karena fict EXO Lay masih langka, jadi harus ikut digarap.
  • Lagi pengen keluar dari zona nyaman dan mencoba buat fict dengan genre yang beda. Tapi, ini belum teralisasikan sama sekali. Bahahaha.
  1. Your typical favorite fictional character?
  • Aku cenderung suka karakter cuek, dingin, dan sebangsanya (terutama karakter ceweknya). Soalnya aku banyak menjumpai banyak fict yang menggambarkan karakter ceweknya feminim banget. Tapi, terkadang aku juga suka dengan karakter yang memiliki pengaruh besar yang membuat si karakter utama berubah atau menyelamatkan si karakter utama (wait, ini kaya genre hurt/comfort)/plak/.
  1. Name your own favorite fiction(s) and the reason why?
  • Love Note. Yang terbaik sih menurutku, soalnya ini adalah chapter-fict pertamaku yang menggabungkan dua bias kesayangan (baca: Kyuhyun dan Chen). Selain itu, menurutku cerita yang diangkat belum pernah ada yang pake. Dengan genre romance-drama-friendship, aku ternyata berhasil menyelesaikan fict itu dengan 17 chapter selama setahun lebih (bayangin aja itu aku ngapain/plak/). Meski yah, penulisanku di sana masih belum bener, banyak yang typo, ada bahasa Korea alaynya, dan sebagainya. Tapi, kupikir itu adalah chapter-fict yang paling memuaskan, karena aku semangat banget ngerjainnya dan banyak yang baca juga waktu SMA. Jadi, waktu aku stuck di chapter 3 orang-orang sekelas yang demen baca pada nagih kapan chapter 4 keluar. Wakakakakak. Tapi, huft aku berencana untuk mengeditnya namun malasnya parah.
  1. It might sound narcistic, but what’s something special from your writing?
  • (Lalu aku bertanya-tanya pada pihak sponsor mengapa mencantumkan pertanyaan ini) Aku sejujurnya mau pede beneran mengenai tulisanku. Tapi, seriusan aku ga ada pikiran bahwa tulisanku ada yang spesial, karena sejak awal aku nulispun hanya ingin memuaskan hasrat dalam diriku dan para fangirl. Bahahaha.
  • Aku juga bukan para senpai yang memiliki diksi yang dewa, karena sejak aku baca novel karangan Kim Eun-Jeong aku juga jadi terbawa. Maksudku, cara penulisannya seperti udah jadi identitas dalam diriku.
  • Ehm, tapi…, menurutku aku jago di genre fluff, di mana penggambaran manisku dalam suatu adegan bener-bener terasa sampai diabetes sendiri tapi ga berlebihan /plak/. Ini masih mungkin sih.
  1. Aspect you still feel lacking?
  • Kalau ini aku seriusan, aku ga punya teknik apapun untuk menulis. Selain itu, aku juga sering typo dan malas ngecek KBBI (padahal kamusnya juga punya). Pemilihan kataku masih monoton bila ga diasah lagi, kadang narasi jadi lebih panjang dari yang aku mau karena terlalu semangat.
  1. Biggest challenge you’ve ever encountered when writing something?
  • Menjaga feel biar tetep jalan, karena sekalinya kutinggal maka seterusnya akan terus menggantung. Waks.
  • Sejak aku masuk NCTFFI dan disuruh ikutan event dengan genre historical, membuat aku sadar bahwa membangun suasana AU ala sejarah itu butuh belajar.
  1. About your writing, what do you want to accomplish next?
  • Jujur, aku belum penah terpikirkan apapun untuk membuat sesuatu sebagai proyek besar semisal draft novel. Tapi, aku sedang ingin belajar mengenai dunia tulis menulis dan mengasah kemampuan menulis diri sendiri dulu.
  1. What is something you usually avoid when writing?
  • Tata Bahasa, EYD, penggunaan kata imbuhan yang kadang salah nulis, dan banyak lagi. Wahahaha. Selain itu, penggunaan bahasa slank yang suka nyasar. Dan terutama, aku rada RIP Inggris (ga rip banget sih). Bahahaha.
  1. What is something you really want to improve from your writing?
  • Aku padahal pengen banget bikin tulisan dengan diksi yang melankonis. Tapi, sepertinya itu ga cocok denganku. Jadi, aku ingin menjadi apa adanya dulu. Selain itu, aku pengen membangun cerita dengan konflik yang agak rumit dengan penguasaan penulisanku yang harus aku ubah sedikit.
  1. Do you have other interest aside from writing? And reason why?
  • Banyak, tetapi yang paling utama : editing fict-cover with photoshop. Aku udah menantikan buat bisa ngoperasiin photoshop sejak SMP dan baru menguasainya sewaktu SMA. Dan sekarang aku butuh belajar teknik yang dipakai dalam photoshop biar covernya nanti bisa nyaman dilihat. Selain itu, aku juga jadi lebih suka baca buku fiksi/nonfiksi dan mencoba public speaking.
  1. If you have ability to master one skill in one night, what skill will you choose?
  • Public speaking. Soalnya aku cuman bisa ngomong via tulisan dan kalau ngomong langsung gugupnya aku keterlaluan sampai gemetar. Bikin gemes.
  1. Protips from you to whomever read this?
  • Belajar, belajar, dan belajar. Ini mungkin terdengar klise, tapi serius. Manusia yang hidup saat ini kan tujuannya belajar apapun, termasuk dunia tulis-menulis juga perlu belajar. Jika pada akhirnya pilihan minatmu pada menulis, teruslah belajar. Suatu saat kemampuan menulismu akan terasah kok. Tetap semangat!
  • Tetaplah saling menghargai, karena apa kamu lakukan pada orang lain maka akan berdampak pada dirimu sendiri. Kalau kamu sudah berusaha menghargai orang lain tetapi orang lain tak menganggapnya, setidaknya kamu sudah berusaha menjadi orang baik.
  • Mari belajar bersama!

Maafkan ya bila ini terlalu membosankan karena baca isian tentang diriku yang ga penting ini. Haha XD Kalau begini, aku panggil Berly, Kak Lat, Kak Ay, Ulang, Kak Ve, Kak FebbyDona, Angel dan Lely. Semoga para kakak, teman, dan adik melihat tag ini. Hahaha XD

p.s. ternyata daku ugha dapet tag dari Berly dan Kak Len, tapi keduluan aku buat. Bahahaha XD Anyway, terkadang aku merasa nama asliku lebih dikenal ketimbang pen-nameku yang ketinggalan kata ‘Aeri’nya. Hmm mikir ah buat persingkat pen-name hmm /plak/.

Sekian dan terima kasih.

-Airly.

36 thoughts on “Twenty Things About AirlyAeri

  1. Yosh, ane balik lagi sesuai janji XD
    Ngomongin pen-name alay, ane sendiri juga pernah pake. Dan plis, itu nggilani banget kalo diinget -_- Kayaknya Kak Airly nggak bisa jauh-jauh dari yang namanya fluff, romance, hurt/comfort ya? Kalo sama aku gimana Kak? Bisa jauh-jauh nggak? /dipanggang/
    Sini juga pengen bisa bikin diksi yang melankolis gitu, tapi ane rasa juga nggak pas ama ane. Orang ane kalo melankolis dikit aja disorakin ama temen-temen XD “Bocah badut kayak lo nggak usah melankolis segala!” apalah ini lah ya …
    EH KAK, BERARTI KAMU BUKA RIKUES POSTER BISA DONG? XD XD XD
    Ih sumpah ya, yang lain di poin terakhir itu pada bijak-bijak, bener-bener gitu, lah punya ane … abaikan saja plis.

    1. Jijik ya kak aku juga wakakakakak 😁😁😁
      Kok tau sih? ACIYEEEEEEEEE /plak/ kalo sama kamu, entar mz jongdae sama siapa kak. Aku belum siap ninggalin dia hiks 😂😂
      Wakakakakaka ketauan bat kak kamu tukang lawak, sini kak bikin aku ketawa /plak/
      Noooo, belum kak. Appsnya ilang jadi belum bisa 😭😭 minta tolong pada Kak Berly jha kak, doi pinter wkwk
      Gapapa kak, yang penting berfaedah kak

      1. Iya, rasanya pengen ngegaruk nih muka pake aspal XD
        Jadi kamu lebih mentingin dia yang nggak pasti dan mengabaikan aku yang pasti? /apa ini?/
        XD Tukang lawak yang nggak peduli orang lain bakal ketawa atau nggak. Yang penting sini bahagia /loh?/
        Ohhh, si beruang itu bisa ya? /brb berharap Kak Berly kagak mampir biar ane nggak disembur/ XD
        Iya-in aja XD

      2. Jangan kak pake amplas aja kak wkwkwk
        Hmm si kakak melankonis sini kak sini aku unyel-unyel biar bahagia
        Bisalah kak doi mah dan aku bisa panggilin sih kak hmm

  2. dikerjainnya cepet banget. maafkan aku ngetag dirimu sembarangan :3
    *tapi covernya bisa yg ga bikin salfok ga*
    ih isian ga penting apanya, penting tau inih
    kok kita banyak samaan btw. mulai dari samaan ingin menyelamatkan spesies yg mau punah *aka xingdae* sampe bagian public speaking hahaha
    dan IYA PHOTOSHOP AKU GA BISA BISA pdhal pingin hikseu
    makasih udah berpartisipasi ya airly maap ngericuhin waktu senggangmu :3

    1. Kak Li kyaaaaaa
      Gapapa kok kak gapapa, aku ikhlas sepenuhnya kyaaa ><
      Apanya yang penting coba kak, ini cuman ocehan biasa kok :')
      NAH IYA KAK PARA SPESIES ITU MENJELANG PUNAH DAN ITU TAK BOLEH TERJADI. Wkwk XD
      Photoshop lumayan kak, coba aja kak searching di gugel tentang tutorial gitu kak. Biasanya yang dishare itu tutorial cover kak. Hehehe
      Sama-sama kaaakk, gapapa kok kak ku juga seneng. Makasih kak udah ngetagin aku kyakyaaaa :3

Mind to Review? ^ ^

